Rabu, 11 Maret 2009

Tips mata Sehat


Tips Mata Sehat

Mata adalah organ penting bagi manusia. Dengan mata, manusia dapat melihat berbagai keindahan dan ke-Maha kuasaan Sang Pencipta. Karenanya sudah sepantasnya kita mensyukuri pemberian Sang Pencipta dengan memelihara kesehatan mata kita sebaik-baiknya. Untuk membuat kesehatan mata tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat lakukan tips mata sehat berikut ini :

1. Jangan Menonton Televisi Terlalu lama dan dekat

Posisi menonton

Sebaiknya posisi televisi sejajar dengan mata penontonnya hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi pengaruh cahaya yang keluar dari tabung televisi yang amat kuat. Penerangan juga perlu diperhatikan. Lampu harus cukup terang dan terletak di atas ruangan bukan dibelakang televisi. Kemudian jarak menonton yang aman adalah 5 kali lebar diagonal layar televisi. Misalnya untuk televisi ukuran 14 inch jarak amanya sekitar 1,75 m, sedangkan untuk televisi berukuran 20 inch sekitar 2,5 m. begitu seterusnya.

Posisi televisi sebaiknya jangan diletakkan di tempat yang biasa digunakan untuk belajar. Letakkanlah televisi di ruang keluarga atau di ruang tengah agar memudahkan pengawasan. Penempatan televisi di kamar pun sebaiknya tidak dilakukan karena akan mempersulit pengawasan. Kemudian, hindari menonton televisi sambil belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Melakukan penjadwalan

Menonton televisi bagi anak diusahakan jangan lebih dari jam belajar mereka. Jika mereka belajar selama 2 jam maka maksimal mereka boleh menonton tidak lebih dari 2 jam. Pengecualian dapat diberikan pada hari libur. Selain itu yang perlu diperhatikan jam menonton televisi yang aman bagi anak adalah antara pukul 15.00.sampai 18.00 karena di atas jam tersebut lebih banyak tayangan untuk dewasa.

2. Tidak Terlalu Lama bekerja / bermain di hadapan monitor komputer

Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

Ketika Menggunakan Komputer

Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu lama mengakibatkan mata tegang dan kering. Beberapa tips yang berkaitan dengan layar televisi dapat digunakan saat menggunakan komputer.
1. Jika sudah terlalu lama, sebaiknya berhenti dulu beberapa saat untuk mengistirahatkan mata. Selain itu, sering berkedip juga disarankan untuk menghindari mata kering.
2. Jika ada agangguan penglihatan saat menggunakan komputer, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli mata.
3. Jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai degan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.
4. Pastikan monitor yang Anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya menggunakan monitor LCD karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor CRT.
5. Gunakan screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi.
6. Jika mengalami gangguan penglihatan, baik rabun jauh atau dekat, gunakan kacamata untuk memastikan bahwa bayangan tepat jatuh di retina

3. Membaca Buku

Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

4. Hindari Debu Dan Polusi

Bagi yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

5. Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A

Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Kita dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A eperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.

Jagalah kesehatan mata agar tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus. Hubungi dokter setiap punya masalah dengan mata.

banner komisi gratis

Related Posts by Categories



1 komentar:

Widodo Saputra mengatakan...

Permisi Mas, perkenalkan saya Widodo. Saya mau mengajak mas tukaran link, karena sepertinya tulisan kita ada yang senada. Yaitu mengenai Kesehatan Mata:

http://agungfarma.com/?p=34

Kalau mas berkenan untuk tukaran link, bisa hubungi saya di: 083181710859
Ditunggu kabarnya ya mas

Posting Komentar

Archive

Pengunjung

Online

Posting Terakhir

Komentar Terakhir

 

BOJONEGORO KOTA CHELUZ | Copyright 2009 Tüm Hakları Saklıdır | Blogger Template by GoogleBoy ve anakafa | Sponsored by Noow!